Wisata Dieng, Minggu, 15 Mei 2016

Gorengan Dari Kayangan

Bukan tanpa alasan Wisata dieng dijuluki Negeri Khayangan. Selain latar belakang sejarah Dieng yang kental dengan sejarah Hindu jawa dan kisah dewa-dewa Khayangan dari tokoh pewayangan,  letak Dieng yang berada di dataran tinggi dengan pemandangan indah di Ketinggian serta kabut tebal menghampar di  horizontal membuat kita seolah-olah sedang berada di atas awan, di sebuah negeri di atas khayangan.

Keindahan tempat-tempat wisata negeri khayangan ini  mulai dari Puncak Sikunir Dieng, Gunung Prau, Batu Ratapan Angin dan lain-lain telah banyak kami bahas di artikel-artikel sebelumnya. Tapi tahukah anda Kuliner khas yang dimiliki Dieng? Mari kita bahas satu-satu

1. Tempe Kemul

atas nama Tempe Kemul dan Semur Kentang. via Dion Suganda

Tempe kemul. adalah cemilan ringan berbahan tempe goreng berbalut tepung gandum yang dicampur tepung singkong dan beras. Tambahan Kunyit dan kuncai hijau membuat warna temmpe kemul terlihat kekuningan dengan pernak-pernak hijau sehingga enak dilihat apalagi dimakan. Tempe Kemul berbeda dengan mendoan. Jika mendoan digoreng setengah matang sehingga tepungnya lunak agak-agak kenyal. Tempe kemul di goreng hingga kering sehingga jika digigit terasa krispy tepungnya.

2. Kripik Jamur

Kripik Jamur dan Kentang Goreng
Oleh-oleh khas dieng wonosobo ini berbahan jamur kancing. Jamur jenis ini merupakan jenis jamur untuk dikonsumsi, jadi aman bebas racun. Bentuk Jamur kancing bulat putih imut-imut seperti kancing dan biasa diolah sebagai bahan makanan baik disayur maupun dijadikan keripik seperti yang banyak ditemui di penjual oleh-oleh disekitar kawasan wisata dieng. Rasa Keripik Jamur Dieng agak Gurih asin nikmat dengan aroma khas yang akan tertinggal lama dilidah.

Budidaya Jamur memang bukan sesuatu yang baru di Dieng. Bahkan Tahun 80-90an pernah ada Pabrik Jamur besar yaitu Pt. Dieng Djaya yang mengolah Jamur menjadi makanan kaleng.

3. Kentang Goreng

Selfi bersama Kentang di kawah sikidang via via Linda Eka Farhana

Sebagian besar penduduk Dieng bertanam kentang sebagai mata pencahariannya. Kualitas kentang unggulan Dieng pun sudah dikenal dimana-mana dan telah terdistribusi secara luas baik dipasar regional maupun internasional. kentang Dieng memiliki rasa yang pulen karena kandungan airnya yang banyak. Jika berlibur ke Dieng, cobalah olahan kentang goreng atau semur kentang yang banyak dijual dekat kawasan wisata seperti Kawah Sikidang, Sikunir, Telaga Warna dan Komplek Candi Arjuna.

4. Bakwan atas awan alias Gebleg

Geblek dan Tempe. Berbeda tapi Mesra

Sebut saja Bakwan atas Awan (nama disamarkan). Gorengan yang masyarakat lokal menyebutnya dengan sebutan geblek ini merupakan salah satu cemilan kegemaran yang memiliki rasa gurih-gurih kenyal mirip cimol khas jawa barat namun dengan ukuran lebih besar.

Geblek terbuat dari sari pati singkong yang dihancurkan yang kemudian dibumbui dengan kelapa. Geblek biasa disajikan sebagai pendamping makan khas asal Dieng wonosobo lainnya seperti tempe Kemul. Dimana ada Tempe Kemul disitu ada Geblek.

Dan masih banyak Kuliner khas yang bisa dijumpai di sekitar dieng, seperti Mie ongklok, Purwaceng, Cenil dan lain-lain. Maka dari itu, Saat ke Dieng selain Berlibur jangan lupa berburu kuliner juga ya!