Wisata Dieng, Jumat, 01 April 2016

5 Tempat Basah di Dieng yang boleh anda kunjungi

Ngomongin yang basah-basah memang tiada keringnya. Bagi anda yang menyukai tempat basah, Dieng punya banyak tempat wisata telaga yang selain basah juga dingin, alami dan indah dipandang. Berikut 5 diantaranya :

Telaga Warna dan Pengilon Dieng

Telaga Warna Dieng dan Pengilon sudah sangat familiar bagi para traveler lokal. Foto-foto Dieng dari berbagai sudut bisa dengan mudah anda temui dimana-mana baik di google, jarsos, maupun koleksi teman.

Sudut Favorit untuk menyaksikan panorama Telaga Warna adalah dari Batu Ratapan Angin dan Bukit Sidengkeng.

Selain Keindahan Telaga Warna dan Pengilon,di tempat ini pengunjung juga bisa melihat Goa-goa alam.

Adegan Sun Kening dalam sesi Prewedding di Telaga Warna Dieng. via @fiandigital

Telaga Warna Dieng via @jiselle.alizar

Woh ada artis Korea! Telaga Warna Dieng via @lisacassiopeia

Telaga warna Dieng via @paawijaya

Telaga Dringo Dieng

Beda dengan Telaga Warna dan Pengilon, Telaga Dringo merupakan telaga paling perawan di sekitar Dieng. Akses ke lokasi yang tidak semudah tempat wisata lain membuat kunjungan ke telaga ini pun tidak seramai telaga-telaga di Dieng lainnya. Padahal kecantikannya telaga dringo yang rada-rada mirip Ranukumbolo ini boleh diadu.

Traveler yang suka camping dipinggir telaga nan sunyi dengan suasana hijau pegunungan alami pasti akan menyukai telaga Dringo ini.


Telaga Dringo Dieng via @binaralif

The Power of Sesarung Berdua. Telaga Dringo Dieng via @ini_andaalvii
Camping di Telaga Dringo Dieng via @katahafit


Telaga Cebong Dieng


Bisa dibilang Telaga Cebong ini masih satu paket dengan sikunir. Letaknya berada dibawah kaki bukit sikunir atau tepatnya di Desa Sembungan. Karena itu siapa yang ke sikunir via Sembungan Dieng hampir pasti akan bertemu telaga yang difungsikan sebagai sumber pengairan ladang kentang oleh penduduk sekitar ini.

Telaga Cebong Dieng via @ameliatias234


Telaga Cebong Dieng via @ernapramita
Telaga Cebong Dieng via @fvchmi

Telaga Cebong Dieng via @tiwichou

Telaga Menjer Dieng

Telaga Menjer yang terletak di Desa maron, Garung, Wonosobo atau sekitar 24 km dari Dieng ini memiliki sejarah panjang berkaitan dengan masa pendudukan kolonial belanda di Indonesia. Sangking panjangnya akan lebih baik dibahas dilain kesempatan saja.

telaga menjer via @bund_klc
Telaga Menjer via @fatonie_achmad

Telaga Menjer via @floristaedellweiss



Telaga Merdada Dieng

Telaga Merdada yang berlokasi di Desa Karang Tengah atau sekitar 4 kilometer dari Dieng ini merupakan jenis Telaga Tadah Hujan atau Telaga yang tidak memiliki sumber air dan hanya mengandalkan Hujan sebagai pengisi Debit airnya. Karena itu dimusim kemarau telaga ini akan kering kerontak hingga kita bisa melihat dasar permukaannya.

Selain dimanfaatkan sebagai sarana Irigasi ( pengairan ) oleh warga setempat, telaga ini juga merupakan areal pemancingan.

View terbaik untuk menyaksikan keindahan panorama Telaga Merdada adalah dari bukit Gedong yang berada diatas desa Karangtengah. Atau dari sebelah selatan Bukit Semurup.

Dengan sedikit penataan, sebenarnya telaga ini sangat menarik sebagai tempat wisata. Sayangnya potensi tersebut belum secara maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Telaga Merdada Dieng via @danz_pianist

Telaga Merdada Dieng via @endahtwt

Telaga Merdada Dieng via @galihyudhawinarto

Telaga Merdada Dieng via @todipandapotan


Demikian rekomendasi tempat basah yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Dieng.

Simak juga artikel tentang 5 tempat wisata dieng yang instagramable disini.