Wisata Dieng, Jumat, 06 Mei 2016

Indiana Jones Wannabe Harus ke Sini

The Founding Father negara kita tercinta, Bung Karno,  pernah berpesan: "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarah."
Theoodore Roosevelt juga berpesan: "Semakin kita mengenal sejarah, semakin baik kita dalam mempersiapkan masa depan."

Mengapa orang-orang besar tersebut begitu mementingkan sejarah? Tidak lain dan tidak bukan karena sejarah memang penting . #nufsaid

Belajar sejarah tak harus selalu di sekolah. Dengan mengunjungi tempat-tempat penuh sejarah juga bisa menambah wawasan sekaligus pengisi liburan yang menyenangkan dan antimainsteam.

Dieng merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin berlibur sekaligus memperdalam wawasan mengenai sejarah di Jawa Tengah. Di daerah Dieng, Anda akan banyak menjumpai tempat peninggalan sejarah dengan segala kisah dan misteri dibaliknya yang bisa jadi belum pernah Anda dengar sebelumnya. Beberapa tempat wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi saat di Dieng diantaranya:

Candi Dieng

Candi gatutkaca via @hannanalaya /Instagram
Candi gatutkaca via @hannanalaya /Instagram

Di berbagai penjuru Dieng, banyak tersebar candi-candi yang menyimpan segala cerita dan misteri yang unik. Ada Komplek Candi Arjuna yang konon merupakan komplek candi tertua di Pulau Jawa. Di sini Anda bisa berfoto dengan makhluk prasejarah, teletubies. Penasaran? Langsung aja kunjungi Komplek Candi Arjuna.

komplek candi arjuna via @ajidzikrii
komplek candi arjuna via @ajidzikrii

Selain Candi Arjuna, ada Candi Gatut Kaca yang letaknya tak jauh dari Komplek Candi Arjuna. Ada juga candi yang cukup terkenal, yaitu Candi Bima yang merupakan Candi terbesar di Kawasan Dieng. Tidak hanya itu, ada lagi candi yang cukup unik, yaitu Candi Dwarawati yang letaknya tersembunyi di belakang pemukiman penduduk Desa Dieng Kulon. Selain candi-candi itu, masih banyak candi lainnya yang bisa Anda kunjungi di Dieng.

candi bima via @nirbitajov/Instagram
candi bima via @nirbitajov/Instagram

Museum Kailasa

Museum Kailasa Dieng
Museum Kailasa Dieng

Wisata Museum belakangan mulai diminati karena banyak pelajaran dan hal unik yang akan Anda temui di sana. Jika Anda berkunjung ke Dieng cobalah datang ke Museum Kailasa. Di sana Anda bisa melihat benda-benda purbakala, seperti: arca, stupa, prasasti, arsip kuno, dan dokumentasi penting lainnya. Benda-benda tersebutlah yang menyimpan rekaman sejarah Dieng masa silam. Benda-benda atau dokumentasi sejarah di Museum Kailasa dilengkapi dengan catatan atau data-data lengkap seputar asal-usul dan latar belakangnya.

Salah satu Arca di Museum Kailasa
Salah satu Arca di Museum Kailasa

Pintu Masuk Museum Kailasa

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater
Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater merupakan sebuah bangunan megah dengan desain unik yang difungsikan sebagai teater mini yang menayangkan tentang Dieng. Bangunan yang berlokasi di dekat tempat wisata Telaga Warna ini diresmikan oleh Presiden ke 6 RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono 6 Maret 2006 lalu. Bangunan ini memiliki kapasitas 100 tempat duduk dan sistem audio visual yang memadai.

Di DPT pengunjung bisa menyaksikan film berdurasi kurang lebih 25 menit tentang Wisata Dieng baik sejarahnya, keadaan Geografis serta gambaran umum masyarakat Dataran Tinggi Dieng. Jadi, sebelum berkeliling untuk berwisata di Dieng, Anda disarankan untuk menjadikan DPT sebagai tempat kunjungan pertama agar Anda punya cukup bahan dan pengetahuan mengenai seluk beluk wisata dan budaya Dieng secara garis besar.

Belajar sejarah juga mengajari kita untuk bersyukur hidup di jaman yang serba mudah ini. Bayangkan, jaman dahulu mau update status harus menulis di Prasasti. Bayangkan juga betapa susahnya untuk sekedar selfie kita harus memahat gambar muka menjadi arca. Tidak seperti sekarang yang segala sesuatu bisa dilakukan dengan tap and touch.

Jadi tunggu apa lagi, ayo berkunjung ke Komplek Candi Arjuna, Museum Kailasa, dan DPT. Siapa tau Anda bisa jadi the next Lara Croft atau Indiana Jones

candi bima via @mira.chacha
candi bima via @mira.chacha