Wisata Dieng, Selasa, 10 Mei 2016

Tips ke Dieng Biar Makin Hot

Sudah bukan rahasia lagi kalau suhu udara di Dieng sangat dingin. Lagipula buat apa dirahasiakan, toh dingin bukanlah aib. Justru dingin udara di Dieng menjadi daya tarik dan nilai plus bagi tempat wisata yang dikenal dengan julukan "Negeri di Atas Awan" ini.
Udara dingin seperti inilah yang didambakan banyak orang yang tinggal di daerah bersuhu panas seperti Jakarta.




Suhu rata-rata di Dieng sekitar 10-12 derajat celcius. Namun, saat musim kering  yaitu antara bulan Juli - September, suhu udara di Dieng bisa mencapai 0 derajat celcius, sampai-sampai embun di rerumputan membeku karenanya.

Embun yang membeku itu akan terlihat seperti salju. Fenomena salju dadakan di Dieng ini biasa dikenal dengan sebutan "Embun Upas" atau "Bun Upas". Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk melihat salju, kamu cukup ke Dieng pada musim kering. Nuansa dingin Dieng akan membuat kamu merasa seolah-olah sedang berada di Eropa.

Yang tetap berdiri meski dikepung Bun Upas via ophielarasati


Buat kamu yang khawatir suhu udara Dieng yang dingin akan mengganggu aktivitas liburanmu, perlu kiat khusus untuk menyiasatinya. Berikut beberapa kiat menyiasati udara dingin saat berlibur ke Dieng:

1. Pilihlah Penginapan dengan fasilitas kamar mandi  Hot Water biar makin HOT!

Robby Purba iklan mister Aladin


Nah, ini yang paling penting, Pilih penginapan Dieng dengan fasilitas hot water atau air panas. Pasti enak sekali dingin-dingin mandi air panas. Meski kebanyakan penginapan di Dieng memiliki fasilitas air panas, tapi ada baiknya tanyakan terlebih dahulu sebelum anda membooking. Kebayangkan gimana gemetarannya kalau kamu menginap di penginapan tanpa fasilitas air panas?

Untuk rekomendasi Penginapan di Dieng  silakan baca : Penginapan Dieng



2. Kenakan Pakaian Hangat, Tebal dan Tertutup!

Memeluk Telaga cebong biar anget. via  sithasita
Jaket, Sweater, Syal Topi Kupluk dan atau sarung merupakan kostum liburan yang paling cocok, efektif dan efisien untuk  mengatasi dingin saat menghabiskan waktu di  Dieng. Jalan-jalan di  Dieng dengan mengenakan Tanktop dan Hotpants mungkin bisa membuat kamu jadi  pusat perhatian khalayak dan pirsawan. Tapi percayalah itu bukan ide yang bagus. Yang ada malah huaaacchiihm.

Baca juga  Paket Wisata Dieng untuk rekomendasi paket perjalanan ke Dieng

3. Jagalah Kondisi Badan!

Tetep eksyen meski udara beku. via Beranda Visual Maker

Bagi kamu yang terbiasa hidup di lingkungan dengan suhu udara hangat, berlibur ke Dieng yang dingin tentu akan berefek samping. Perubahan suhu bisa memengaruhi kondisi badan. Untuk beberapa orang perubahan suhu ini bisa memicu penyakit dan membuat tubuh tidak fit. Saat tubuh tidak fit, daya tahan tubuh dalam menangkal udara dingin akan berkurang. Jadi, jagalah selalu kondisi badan karena  kondisi badan yang fit akan membuat kamu lebih tahan terhadap udara dingin.
 
4. Konsumsilah Makanan  dan Minuman yang Bisa Menghangatkan Badan!

Purwaceng. Minuman khas Dieng penghangat tubuh dan penambah stamina #biarmakinhot

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menghangat badan untuk menangkal suhu dingin di Dieng. Cobalah minum Purwaceng Dieng, atau sekoteng, teh hangat, atau bandrek untuk menghangatkan tubuh.
Makan makanan yang berbahan daging juga bagus untuk menghangatkan tubuh. Kamu juga bisa makan makanan yang pedas  seperti mie ongklok cabe 10 agar lebih hot.

5. Baca Ayat Kursi
Pernah liat film horor Indonesia dimana setannya kepanasan setelah dibacakan ayat kursi, nah.. siapa tau itu berlaku buat kamu. ..eh maap becanda. piss! :).
Maksudnya, berdoalah sebelum berangkat agar Tuhan berkenan memberi kesehatan dan keselamatan selama berlibur ke Dieng, Karena sesungguhnya segala sesuatu terjadi atas izin-Nya.

Jadi. Bukan alasan untuk enggan apalagi takut berkunjung ke Dieng hanya karena udaranya yang dingin, bukan?

Senyum hangat di Dinginnya Dieng. via satriyatisayii