Wisata Dieng, Sabtu, 18 Mei 2019

Mengapa Tahun ini Salju Dieng datang lebih awal?

Salju Dieng emmbun upas salju dieng via @dee_cimot
Suhu udara minus bukan hal baru bagi warga dieng. di pertengahan tahun antara juni-agustus suhu udara di Dieng memang sedang dingin-dinginnya, sangking dinginnya kadang embun dan air membeku yang di masyarakat Dieng dikenal dengan nama embun upas. Embun upas ini bagi warga di Dieng  bisa jadi musiibah jika menyerang tanaman kentang. embun di Daun kentang yang membeku membuat daun kentang mengering menghambat pertumbuhan tanaman kentang bahkan bisa mematikan tanaman yang menjadi salah satu budidaya pokok mayoritas masyarakat Dieng.

Salju Dieng Embun Upas
Di sisi lain, bagi wisatawan yang berkunjung ke Dieng fenomena turunnya si embun upas salju Dieng justru menjadi atraksi yang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang saat musim dingin untuk menyaksikan embun upas tersebut.

Suhu Udara di Dieng Salju Dieng Embun Upas
Tahun ini (2019), salju Dieng atau embun upas tampaknya berkunjung lebih awal. Sabtu pagi (18/5/2019) termometer di Dieng menunjukan angka minus satu derajat. embun-embun di tanaman pun tampak beku memutih.

Salju Dieng Embun Upas via @kerigitSalju Dieng Embun Upas via @kerigit
Belum ada penjelasan mengenai alasan mengapa musim dingin di Dieng datang lebih awal, namun   Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara menghimbau agar para wisatawan yang akan berkunjung ke Dieng pada bulan-bulan ini untuk mempersiapkan kondisi badan serta baju tebal agar tidak kaget dengan suhu udara di Dieng.

Salju Dieng Embun Upas via @arevmujahidinSalju Dieng Embun Upas via @arevmujahidin